You Know Me, Therefore I Am
RSS icon Home icon
  • KM dan HR: Kembar Siam?

    Posted on January 5th, 2010 aryommsi No comments

    Berbicara soal HR (Human Resource), yang kebetulan saya banyak berkutat didalamnya saat pengerjaan skripsi saya dulu. Menjadi renungan bagi saya bagaimana kita bisa bekerja dengan HR untuk memastikan keberhasilan implementasi sebuah KM (Knowledge Management) yang saya rangkum dalam beberapa poin kunci sebagai berikut: (saya asumsikan bahwa poin di bawah ini merupakan komponen kunci dalam strategi HR)

    1. Perekrutan
    2. Mempekerjakan orang-orang yang minimal memiliki rata-rata nilai KM (dapat berbagi, berpikir kolektif, networking, koordinasi, kolaborasi, reuse, berpikir jangka panjang dan memiliki perspektif yang luas).

    3. Pelatihan
    4. Mendorong mekanisme pembelajaran informal (dari rekan-rekan, senior, divisi-divisi lain) dan belajar melalui komunitas dan kerjasama tim.

    5. Pengembangan Kompetensi
    6. Turunan dari sebuah mekanisme untuk pengembangan kompetensi… yang pada dasarnya merupakan lanjutan dari poin sebelumnya yaitu Pelatihan bersama dengan aspek-aspek seperti mentoring, mendampingi dan pembinaan.

    7. Penilaian
    8. Yang umum dan menjadi ide yang sering diterapkan dengan memasukkan nilai KM karyawan sebagai salah satu sasaran / kompetensi dalam proses penilaian dimana juga memungkinkan menjadi nilai tambah dalam total keseluruhan penilaian (memiliki bobot signifikan)

    9. Insentif
    10. Memasukkan elemen KM dalam skema insentif HR yang diharapkan dapat memberikan nilai tambah untuk organisasi dan jika dimungkinkan membuat kategori eksklusif untuk KM – visibilitas / pengakuan / penghargaan yang lebih penting daripada nilai uang.

    11. Rangkaian Perencanaan
    12. Mengidentifikasi siapa pemimpin yang alami/sesungguhnya, menurut saya, orang tersebut adalah yang dapat memberdayakan tim mereka melalui berbagi, mentoring dan praktek-praktek yang melibatkan berpikir secara kolektif.

    Leave a reply